Buku Indonesia
Pembelajaran Bahasa Berbasisi Pendidikan Karakter
Buku teks atau bahan ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting dalam memacu, memajukan, mencerdaskan, dan menyejahterakan bangsa dan berperan secara maknawi dalam prestasi siswa. Mengingat pentingnya bahan ajar sebagai media internalisasi nilai-nilai pendidikan, seyogyanya bahan ajar dikemas dengan berbasis pendidikan karakter. Di tengah kebangkrutan moral bangsa, maraknya tindak kekerasan, inkoherensi politisi atas retorika politik, dan perilaku keseharian, pendidikan karakter yang menekankan dimensi etis-religius menjadi relevan untuk diterapkan. Teks yang meliputi teks sastra atau nonsastra senantiasa menjadi sumber bacaan siswa pada saat pembelajaran. Teks menjadi sarana interaksi antara siswa dengan nilai-nilai pendidikan. Teks merupakan sarana atau media efektif dalam mentransfer nilai-nilai pendidikan. Oleh karena itu, penyusunan atau pemilihan teks (wacana) memerlukan pemikiran komprehensif agar menjelma sumber pengembangan kepribadian siswa. Salah satu aspek yang menjadi pertimbangan penyusunan atau pemilihan teks/wacana adalah mengandung nilai-nilai pendidikan berkarakter. Oleh karena itu, teks atau wacana haruslah memiliki kandungan nilai-nilai pendidikan agar mampu membentuk karakter siswa yang baik. Di sinilah pentingnya penyisipan dan penanaman pendidikan berkarakter pada setiap teks atau wacana pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia.
2017I00028.C1 | 370.15 ABI | Rak Indonesia (RI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain