Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.
Guru Profesional adalah Guru yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kurikulum bagi kelasnya. Karena guru juga merupakan barisan pengembang kurikulum yang terdepan maka guru pulalah yang selalu melakukan evaluasi dan penyempurnaan terhadap kurikulum. Menyadari hal tersebut,betapa pentingnya untuk menigkatkan aktivita, kreatifitas, kualitas, dan profesionalisme guru. Berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran dilakukan melalui berbagai pelatihan ; seperti pelatihan model pembelajaran, pelatihn pembuatan materi standard. Pembinaa dan pengembangan lain untuk mendukung pembelajaran yang efektif juga dilaksanakan, seperti pelatihan manajemen kelas, manajamen sekolah, manajemen gugus, pengadaan dan penerimaan buku serta sarana belajar. Kualitas guru dapat ditinjau dari segi, dari segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses guru dikatakan berhasil apabila mampu melibatkan sebagian besar peserta didik secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran. Di samping itu, dapat dilihat dari gairah dan semangat mengajarnya, serta adanya rasa percaya diri. Sedangkan dari segi hasil, guru dikatakan berhasil apabila pembelajaran yang diberikannya mampu mengubah perilaku sebagian besar peserta didik ke arah penguasaan kompetensi dasar yang lebih baik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan berbagai kompetensi pembelajaran. Guru juga dituntut unuk menjadi ahli penyebar informasi yang baik, karena tugas utamanya antara lain menyampaikan informasi kepada peserta didik. Guru juga berperen sebagai perencana (designer), pelaksana (implementer), dan penilaian (evaluator) pembelajaran. Apabila pembelajaran diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pribadi para peserta didikdengan penyediaan ilmu yang tepat dan latihan keterampilan yang mereka perlukan, haruslah ada ketergantungan terhadap materi standart yang efektif dan terorganisasi. Untuk itu diperlukan peran baru dari para guru, mereka dituntut memiliki ktrampilan-keterampilan teknis yang memungkinkan untuk mengorganisasikan materi standard serta mengelolanya dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi peserta didik. Menyadari hal tersebut paling tidak kita bisa mempersiapkan untuk mengahadapi berbagai kemungkina yang akan datang. Kita harus mampu menyiapkan guru professional, kareana hanya guru demikian yang akan berperan di masa mendatang. Guru adala guru, dalam keadaan bagaimanapun ia harus tetap menjadi guru itulah guru yang benar-benar guru, yang dalam keadaan telanjang sekalipun akan tetap tampak sebagai guru. Dalam kerangka inilah buku ini dihadirkan untuk menyiapkan guru, calon guru professional, yang mampu menciptakan pembelajaran kreatif, dan menyenangkan.
2017MPK00082.C1 | 371.1 MUL | Rak MPK (RM) | Tersedia |
2017MPK00082.C2 | 371.1 MUL | My Library | Tersedia |
2017MPK00082.C3 | 371.1 MUL | Rak MPK (RM) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain