Skripsi Indonesia
Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa
RESTI LESTARI. 036112096. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Inquiry Dan Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan
Kognitif Siswa. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Surti
Kurniasih, M.Si dan Indri Yani, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry dan
discovery learning pada materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan
menggunakan media pembelajaran berupa charta gambar dan slide presentasi
yang menayangkan materi Sistem Pencernaan pada Manusia. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan September 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibinong Tahun Akademik 2016/2017. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan
adalah kelas VIII-9 untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model
pembelajaran inquiry dengan jumlah siswa 31, dan kelas VIII-10 untuk kelas
eksperimen II yang diberikan perlakuan model pembelajaran discovery learning
dengan jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikan α =
0,05 menunjukkan ttabel sebesar 1,668. Peningkatan kemampuan kognitif diperoleh
thitung sebesar 2,021. Sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1)
diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap
kemampuan kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry dan
discovery learning. Kelompok kelas eksperimen I yang menerapkan model
inquiry memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan kemampuan
kognitif siswa dibandingkan kelompok kelas eksperimen II. Hal tersebut
dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata hasil tes yang telah diberikan.
Kata kunci: Model pembelajaran, inquiry, discovery learning, kemampuan
kognitif
2017SB0022.Ci | 22 LES | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain