Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa

Lestari,Resti/036112096 - Nama Orang;

RESTI LESTARI. 036112096. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Inquiry Dan Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan
Kognitif Siswa. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Surti
Kurniasih, M.Si dan Indri Yani, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry dan
discovery learning pada materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan
menggunakan media pembelajaran berupa charta gambar dan slide presentasi
yang menayangkan materi Sistem Pencernaan pada Manusia. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan September 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibinong Tahun Akademik 2016/2017. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan
adalah kelas VIII-9 untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model
pembelajaran inquiry dengan jumlah siswa 31, dan kelas VIII-10 untuk kelas
eksperimen II yang diberikan perlakuan model pembelajaran discovery learning
dengan jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikan α =
0,05 menunjukkan ttabel sebesar 1,668. Peningkatan kemampuan kognitif diperoleh
thitung sebesar 2,021. Sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1)
diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap
kemampuan kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry dan
discovery learning. Kelompok kelas eksperimen I yang menerapkan model
inquiry memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan kemampuan
kognitif siswa dibandingkan kelompok kelas eksperimen II. Hal tersebut
dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata hasil tes yang telah diberikan.
Kata kunci: Model pembelajaran, inquiry, discovery learning, kemampuan
kognitif


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 22 LES
2017SB0022.Ci
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
22 LES
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
vii,215 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
22 LES p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Discovery Learning
Model Pembelajaran
Inquiry
Kemampuan Kognitif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Indri Yani, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?