Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X SMA NEGERI 9 KOTA BOGOR

Saptriani,lena/032113016 - Nama Orang;

Lena Saptriani, 2017, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X SMAN 9 Bogor dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua kali siklus dan postes pada akhir setiap tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi dalam bentuk foto. Hipotesis pertama berhasil dengan baik, hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai rata-rata pada setiap siklus melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Peningkatan nilai tersebut disebabkan oleh kemampuan siswa kelas X IPA 2 dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Rata-rata nilai awal keterampilan menulis teks laporan hasil observasi yaitu 73,52 dengan persentase 73%, nilai tersebut masih berada di bawah KKM 76. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi meningkat menjadi 75,32 dengan persentase 75%. Pada siklus II nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi meningkat menjadi 90,14 dengan persentase 90%. Hipotesis kedua dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model pemberlajaran Problem Based Learning di kelas X pada siklus I dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 75%, sedangkan aktivitas siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model pemberlajaran Problem Based Learning di kelas X pada siklus II dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 88%.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 29 SAP
2017SI0029.Ci
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
29 SAP
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
xii,204 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
29 SAP p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Problem Based Learning
Keterampilan Menulis
Teks Laporan Hasil Observasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd dan Rina Rosdiana, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?