Skripsi Indonesia
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA NEGERI 4 KOTA BOGOR
Ukasyah Abdillah M., 2017, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks
Negosiasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning
Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
Bogor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan
menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor, dan untuk mengetahui peningkatan
aktivitas peserta didik dalam menulis teks negosiasi dengan menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan dua kali siklus dan postes
pada akhir pembelajaran disetiap siklusnya. Teknik pengumpulan data di dalam
penelitian ini menggunakan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi dalam
bentuk foto. Hipotesis pertama berhasil dengan baik, hal tersebut dapat dibuktikan
dari meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada setiap sikulsnya
dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Peningkatan nilai
tersebut disebabkan oleh kemampuan peserta didik kelas X IIS 1 dalam menulis teks
negosiasi. Rata-rata nila awal keterampilan menulis teks negosiasi yaitu, 68,4 dengan
persentase 68,4%, nilai tersebut masih berada di bawah KKM 75. Setelah dilakukan
penelitian pada siklus I nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks negosiasi
meningkat menjadi menjadi 71,6 dengan persentase 71,6%. Kemudian nilai rata-rata
postes keterampilan menulis teks negosiasi yang diperoleh pada siklus II meningkat
menjadi 81,1 dengan persentase 81,1%. Hipotesis kedua dapat dibuktikan dengan
meningkatnya aktivitas peserta didik dalam menulis teks negosiasi dengan
menggunakan model Project Based Learning di kelas X IIS 1 pada siklus I dengan
perolehan rata-rata persentase sebesar 82% sedangkan perolehan rata-rata
pesersentase terhadap aktivitas peserta didik dalam menulis teks negosiasi dengan
menggunakan model Project Based Learning di kelas X IIS 1 pada siklus II sebesar
96%.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Negosiasi, Model Project Based Learning.
2016SI0028.Ci | 28 ABD | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain