Skripsi Indonesia
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Citeureup Bogor
Yosi Ananda Amelia, 2017, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model examples non examples pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Citeureup Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model examples non examples pada siswa kelas VII SMP Negeri 02 Citeureup dan untuk mengetahui keaktifan siswa kelas VII SMP Negeri 02 Citeureup dengan menggunakan model examlpes non examples. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Ressarch) dengan dua kali siklus dan postes pada akhir setiap tindakan. Teknik penggumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi dalam bentuk foto. Hipotesis pertama berhasil dengan baik hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai rata-rata pada setiap siklus melalui model pembelajaran examples non examples. Peningkatan nilai tersebut disebabkan oleh kemampuan siswa kelas VII-H dalam keterampilan menulis teks deskripsi. Rata-rata nilai awal keterampilan menulis teks deskripsi yaitu 36,63 dengan persentase 36,63%. Nilai tersebut masih berada di bawah KKM 76. Setelah dilakukan tindakan pada silkus I nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks deskripsi meningkat menjadi 60,65 dengan persentase 60,65%. Pada siklus II nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks deskripsi meningkat menjadi 85,39 dengan persentase 85,39%. Hipotesis kedua dapat dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran teks deskripsi menggunakan model examples non examples di kelas VII pada siklus I dengan perolehan nilai rata-rata persentase sebesar 74,34% , sedangkan keaktifan siswa dalam menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran examples non examples di kelas VII pada siklus II dengan perolehan nilai rata rata persentase sebesar 96,05%. Berdasarkan data angket peserta didik mulai senang dengan pembelajaran menulis dan dengan menggunakan model examples non examples yang menyediakan media gambar, peserta didik terbantu dalam membuat teks deskripsi. Namun peserta didik masih mendapatkan kendala dalam menuangkan kalimat utama yang menjadi penghantar membuat teks deskripsi.
2017SI0038.Ci | 38 AME | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain