Skripsi Biologi
Perbedaan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Pembelajaran Probing Promting Learning (PPL) Di Kelas XI SMA Negeri 1 Setu Bekasi
WENI ANGGRAENI. 036113062. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Dengan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) Di Kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Setu Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah bimbingan Drs. H. Oding Sunardi, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih,
M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan model Problem
Based Learning (PBL) dengan model Probing Prompting Learning (PPL)
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group
design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Setu tahun
pelajaran 2016/2017 yang ditentukan dengan cluster random sampling secara acak
berkelompok. Dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu XI IPA 1 dengan
PBL dan XI IPA 2 dengan PPL. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikasi 5%
diperoleh nilai thitung (3,08) > ttabel (1,98). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model PBL
dengan siswa yang menggunakan model PPL. Kemampuan berpikir kritis siswa
kelas PBL lebih baik dari kelas PPL.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Probing Prompting
Learning, dan Berpikir Kritis.
2017SB0024.Ci | 24 ANG | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain