Skripsi Biologi
Manajemen Kurikulum Sains Dalam Pelatihan Siswa Yang Mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi Di Lembaga Pelatihan OSN Depok
AHMAD GALIH PRIANTAMA. 036112069. Manajemen Kurikulum Sains
dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di
Lembaga Pelatihan OSN Depok. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dr. Surti Kurniasih,
M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum
Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di
Lembaga Pelatihan OSN Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Teknik wawancara dengan berbagai informan, observasi, dan studi dokumen
digunakan untuk mendapatkan data yang berfokus pada Manajemen Kurikulum
Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok.
Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif analitik yang bersifat
kontekstual langsung dengan subyek (naturalistic inquiry), menekankan pada
proses yang berlangsung mengenai sub fokus Perencanaan, sub fokus
Pelaksanaan, dan sub fokus Monitoring dan Evaluasi Manajemen Kurikulum
Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok,
dengan hasil penelitian yang menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama,
muatan dan struktur Kurikulum Sains Biologi di LP OSN Depok mengikuti
Kurikulum Sains Biologi Internasional (International Biology Olimpiad; IBO).
Kedua, Ada dua prinsip/pola pelaksanaan belajar dan latihan Siswa OSN Biologi,
yaitu saat Siswa OSN Biologi belajar/latihan di Kelas dan saat Siswa
belajar/latihan Mandiri. Buku yang paling direkomendasikan untuk Siswa OSN
Biologi adalah buku Biologi karya Campbell. Ketiga, Tentor biologi biasa
melakukan pengawasan terhadap siswa-siswanya via grup Line dan email. Grup
line diperuntukan untuk pembahasan ringan, sedangkan email untuk pembahasan
materi yang kompleks yang membutuhkan penjelasan lebih detail. Setelah
kegiatan pelatihan selesai, tindak lanjut yang diberikan tentor adalah memberikan
bahan belajar kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat belajar mandiri di
luar kegiatan pelatihan. Bahan belajar yang diberikan siswa adalah berbentuk
video, slide presentasi, e-book, dll. Selain memberikan bahan belajar tentor
mereferensikan website-website pembelajaran biologi, khususnya mengenai OSN
Biologi.
Kata kunci: Olimpiade Sains Nasional Biologi, Manajemen,
Kurikulum, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir.
Tidak tersedia versi lain