Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Demonstration Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam : Studi kurikulum 2006 ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas pada siswa V Sekolah Dasar Negeri Gununggendut Kabupaten Sukabumi semester gasal tahun pelajaran 2017/2018
iv
ABSTRAK
Siti Nurhasanah. 037113251. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Demonstration Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2017. Penelitian ini dengan desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas,
serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan perbaikan proses pembelajaran,
dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
materi Alat Pernapasan Manusia pada siswa kelas V melalui model
pembelajaran kooperatif Demonstration. Obyek peneliti ini adalah siswa
Sekolah Dasar Negeri Gunungendut yang terdiri dari 30 siswa, dengan
komposisi 13 siswa dan 17 siswi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan
pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada
siklus I memperoleh nilai 73 atau ketuntasan belajar sebesar 63,3% dan
siklus II memperoleh nilai 80,3 atau ketuntasan belajar sebesar 86,7%.
Artinya penelitian ini berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas
proses pembelajaran pada siklus I sebesar 73,5 dan siklus II sebesar
85,1. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan
pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan kedisiplinan siswa dengan
memperoleh nilai pada siklus I yaitu 82,6 dan siklus II memperoleh nilai
89,3. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif Demonstration dapat
memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SD Negeri Gunungendut Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten
Sukabumi Semester Gasal tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu dapat
meningkatkan keaktifan, kerjasama dan kedisiplinan siswa
Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif
Demonstration.
2017SPGSD0151.C1 | 151/NUR/p/2017 | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain