Text
Penggunaan Media Gambar Seri Kartun Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi.
Hikmah Sukmawati: “Penggunaan Media Gambar Seri Kartun dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII MTs.
SI 2 Kalapanunggal Sukabumi”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar seri
kartun dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII
MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi, serta mengetahui kendala dalam penggunaan
media gambar seri kartun, dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita
fabel siswa kelas VIII MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi. Metode yang digunakan
adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan teknik angket. Teknik
tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks cerita fabel
siswa kelas VIII MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi melalui penggunaan media
gambar seri kartun, sedangkan teknik digunakan untuk mengatahui kendala yang
dialami siswa saat menggunakan media gambar seri kartundalam pembelajaran teks
cerita fabel. populasi dalam penelitia ini adalah siswa VIII Mts. SI 2 Kalapanunggal
terdiri dari lima kelas berjumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 46
siswa yaitu kelas VIII-A berjumlah 23 siswa sebagai kelas Eksperimen, dan kelas
VIII-B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel
menggunakan sampel random. Berdasarkan hasil analisis data, hipotesis pertama
terbukti kebenarannya, bahwa penggunaan media gambar seri kartun dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel. hal tersebut dapat dilihat dari
peningkatan nilai menulis teks cerita fabel di kelas eksperimen. Hasil prates di kelas
eksperimen diperoleh data bahwasiswa menpunyai tingkat kemampuan 42%, dengan
rata-rata 41,88. Hasil postes di kelas ekperimen mempunyai tingkat 87%, dengan rata
86,66, dengan kata lain mengalami peningkatan 45% atau 44,78. Hal itu menunjukan
bahwa media gambar seri kartun dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
cerita fabel. bukti itu dikuatkan lagi dengan adanya perbadaan yang signifikan antara
skor hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan
perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t00,99 = 2,39
dan harga t0 0,95 = 1,67, t0 lebih besar daripada tt 1,67 2,39. Hipotisis kedua juga
terbukti kebenarannya, bahwa siswa mengalami kendala dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks cerita fabel dengan menggunakan media gambar seri
kartun, siswa mengalami kendala saat mengerjakan tugas yang diberikan guru, siswa
mengalami kendala dalam menerima setiap media yang dipergunakan oleh pada saat
pembelajaran menulis teks cerita fabel, dan siswa mengalami kendala ketidakjelasan
susunan gambar saat memperhatikan media gambar seri kartun.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Cerita Fabel, Media Gambar Seri Kartun.
2017SIPGSD0089. C1 | 89/SUK/p/2017 | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain