Skripsi Biologi
Pengelolaan Pembelajaran IPA Di SMP Quantum Indonesia Melalui Metode Quantum Learning
RAHAYU MUSTIKA SARI. 036111082. Pengelolaan Pembelajaran IPA di
SMP Quantum Indonesia melalui Metode Quantum Learning. Skripsi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Di bawah
bimbingan Dr. H. Bibin Rubini, Drs., M.Pd., dan Susi Sutjihati, Dra., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanakan, dan evaluasi pembelajaran IPA di SMP Quantum
Indonesia melalui metode Quantum Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Febuari 2015 sampai Januari 2016. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif, data dan informasi diperoleh melalui wawancara dengan
enam orang informan dan observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan di
sekolah, sedangkan data dan sumber dikumpulkan dari berbagai dokumen yang
relevan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan secara
keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran IPA di SMP
Quantum Indonesia melalui metode Quantum Learning sudah berjalan dengan
baik sesuai dengan ketentuan yang ada. Perencanaan pembelajaran Biologi
diawali dengan menganalisa kurikulum. Kurikulum yang digunakan yaitu
kurikulum KTSP dan kurikulum plus yang kemudian akan dikembangkan dengan
pembuatan program tahunan, program semester, silabus, dan RPP.
Pengorganisasian pembelajaran dalam proses pembelajaran, menggunakan metode
dan model quantum learning, active learning, cooperative learning, danbrain
based learning. Guru mengusahakan anak belajar dengan rasa nyaman dan
senang. Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan alat bantu LCD dan
bahan yang ada di sekitar untuk memudahkan siswa dalam proses memahami
materi dengan suka hati. Pelaksanaan pembelajaran selalu diawali dengan berdo’a
dan ice breaking sebagai jembatan agar siswa berada dalam zona alfa selama
pembelajaran berlangsung kemudian apersepsi dan motivasi yang dikaitkan antara
pembelajaran sebelumnya dengan kejadian nyata. Sebelum memasuki materi
siswa di eksplore terlebih dahulu pengetahuannya. Selama proses pembelajaran
siswa diberi kebebasan untuk duduk dimana saja dan selalu diberikan penguatan
serta dalam pembelajaran khususnya pelajaran IPA siswa selalu membuat mind
mapping. Evaluasi yang dilaksanakan pada dasarnya sama dengan sekolah
lainnya, yang membedakan kriteria ketuntasan minimum yang ditentukan, pada
setiap tahunnya ada kenaikan.
Kata kunci : Quantum Learning, Ice Breaking,Kurikulum plus
2017SB0050.C1 | 50 SAR p | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain