Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Sequential Exploratory Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Analisis Sequential Exploratory Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi

Kuswaya, Khairunnisa Aplindha / 036113031 - Nama Orang;

Khairunnisa Aplindha Kuswaya. 036113031. Analisis Sequential Eqploratory Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S. dan Dra. Hj. R. Teti Rostikawati. M.Si.

Penelitian ini menggunakan Mixed Methods Sequential Exploratory. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang dilaksanakan di salah satu SMA swasta Kabupaten Sukabumi pada siswa kelas X. Penelitian ini meliputi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian kualitatif data penelitian didapatkan berdasarkan wawancara guru dan siswa dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis dalam situs dan analisis antar situs sedangkan pada tahap penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X sebanyak 99 responden yang diperoleh menggunakan teknik Proportional Random Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian kualitatif didapatkan motivasi sebagai variabel bebas (dependent variable) terhadap kesulitan belajar sebagai variabel terikat (independent variable). Data penelitian kuantitatif diperoleh dengan menggunakan instrumen berskala lima untuk variabel bebas maupun terikat. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus Product
Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian prasyarat berupa uji normalitas Lilliefors untuk variabel Y atas X menunjukkan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett menunjukkan populasi bersifat homogen. Pengujian hipotesis kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah motivasi belajar siswa maka semakin tinggi kesulitan belajarnya. Kesulitan belajar siswa dapat ditentukan oleh faktor lain diantaranya adalah sarana dan prasarana, proses pembelajaran, minat siswa, materi pelajaran, waktu belajar, serta kebiasaan belajar.

Kata Kunci : Sequential Exploratory, Kesulitan Belajar dan Motivasi


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 49 KUS a
2017SB0049.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
49 KUS
Penerbit
Bogor : ., 2017
Deskripsi Fisik
ix, 140 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
49 KUS a 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2017
Subjek
Motivasi
Kesulitan Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Rita Retnowati, M.S dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?