Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Problem Solving Learning
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Problem Solving Learning

Hardianti, Nur Fitri / 036113024 - Nama Orang;

NUR FITRI HARDIANTI. 036113024. Perbedaan Keterampilan Proses
Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Problem
Solving Learning. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan
Dr. Nandang Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses
sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dan Problem
Solving Learning pada siswa kelas XI SMA Taruna Terpadu Bogor Centre School
dengan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif - quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada
bulan Juli hingga Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI MIPA di SMA Taruna Terpadu Bogor Centre School tahun akademik
2017/2018. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 untuk kelas
eksperimen I yang diberi perlakuan model pembelajaran Guided Inquiry dengan
jumlah 34 siswa, dan kelas XI MIPA 2 untuk kelas eksperimen II yang diberi
perlakuan model pembelajaran Problem Solving Learning dengan jumlah 37
siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan α = 5 % (0,05)
diperoleh thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa
yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan siswa yang
menggunakan model pembelajaran Problem Solving Learning. Diantara kedua
model eksperimen tersebut, hasil keterampilan proses sains dengan menggunakan
model pembelajaran Guided Inquiry lebih baik dibandingkan dengan model
pembelajaran Problem Solving Learning. Hal ini dapat terlihat dari skor N-Gain
pada kelompok kelas Guided Inquiry sebesar 56,84 sedangkan pada kelompok
kelas Problem Solving Learning sebesar 49,54.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 47 HAR p
2017SB0047.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
47 HAR p
Penerbit
Bogor : Hardianti,Nur Fitri., 2017
Deskripsi Fisik
x,499 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
47 HAR p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Sains Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Nandang Hidayat, M.Pd dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?