Skripsi Indonesia
Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMAN 10 Kota Bogor
Nurul Meutia Maftuhah: Penerapan Model Problem Based Learning dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa
Kelas X SMA Negeri 10 Bogor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan 2017.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Problem Based
Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri
10 Bogor serta mengetahui aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 10 Bogor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu ekperimen dengan
menggunakan tes dan observasi. Hipotesis pertama yaitu Penerapan Model
Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas
X SMA Negeri 10 Bogor, teruji kebenarannya. Dengan melihat hasil tes awal
(prates) keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada kelas ekperimen,
nilai siswa berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 73, sedangkan pada
hasil akhir (postes) dengan menerapkan model Problem Based Learning pada
kelas eksperimen, terlihat kemampuan siswa mengalami peningkatan menjadi
sangat baik dengan nilai rata-rata 89. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen
dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0= 3,
dan d.b.= 67 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 2,39 hal tersebut
menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua,
yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks laporan hasil observasi
terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa dalam menulis teks
mengalami kendala yang dialami siswa dalam menulis teks laporan hasil
observasi adalah dalam menuangkan ide atau pikiran sebanyak 17 siswa atau
50%, kendala menuangkan isi gagasan sebanyak 20 siswa atau 59%, kendala pada
saat memilih diksi sebanyak 16 atau 47%. Berdasarkan data tersebut, penerapan
model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks laporan hasil observasi.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, Problem Based
Learning
2017SI0103.C1 | 103/MAF/p/2017 | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain