Skripsi PGSD
Hubungan Antara Kreativitas Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa : Studi Korelasional di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Erlanda Putri Utami, 037113280. Hubungan Antara Kreativitas Siswa
dengan Prestasi Belajar Siswa pada Siswa Kelas V-A, V-B dan V-C
Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan Tanah Sareal
semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan, Bogor, 2017.
Penelitian ini meriupakan studi korelasional melalui metode survai. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan
prstasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan
kuesioner berskala lima untuk variabel kreativitas, sedangkan untuk
prestasi belajar data penelitian ini diperoleh dari nilai rapor siswa. Uji
validitas instrumen dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi
Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan
Tanah Sareal semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah
105 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa, diperoleh menggunakan rumus
Taro Yamaro.
Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dengan uji Liliefors.
Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan
uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Data yang sudah
dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang
hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara kreativitas siswa dengan
prestasi belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana
menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk
persamaan regresi yaitu Ŷ = 35,8 + 0,43X, dengan harga Fhitung sebesar
4,30 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,28 dan
kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 81%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang positif antara kreativitas dengan prestasi belajar
siswa.
Kata kunci : Kreativitas dan Prestasi siswa.
Tidak tersedia versi lain