Text
Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Student Teams Achvievement Division (STAD) dengan Model Direct Instruction di SMP PGRI Ciomas Bogor
DESSY ENDRIYANI SAPUTRI. 036107010. Perbedaan Hasil Belajar
Biologi Menggunakan Model Student Teams-Achievement Division (STAD)
dengan Model Direct Instruction di SMP PGRI Ciomas Bogor. Skripsi.
Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat,
M.Pd. dan Dra. Triasianingru, S. U.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi
antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model Student
Teams-Achievement Division (STAD) dengan siswa yang mengikuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model Direct Instruction. Penelitian ini
menggunakan model quasi experimental design jenis non-equivalent control
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI
Ciomas tahun ajaran 2011/2012, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah
kelas VIII-A dan kelas VIII-B. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikasi α=
0,05 diperoleh thitung sebesar 2,97 sedangkan ttabel0,05 yaitu sebesar 2,00 sehingga
diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams-Achievement Division
(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi kelas
VIII di SMP PGRI Ciomas Bogor. Model STAD dapat dijadikan salah satu
alternatif model pembelajaran yang sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar
biologi pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan serta fotosintesis.
Kata kunci : STAD, Direct Instruction, hasil belajar biologi
Tidak tersedia versi lain