Text
Perbedaan model pembelajaran learning cycle (7e) dan group investigation (gi) terhadap hasil belajar biologi: diajukan sebagai salah satu syarat meperoleh gelar sarjana pendidikan.
ABSTRAK
DELINA MARCELIN. 036113007. Perbedaan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) Dan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Indri Yani M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Group Investigaton (GI) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA di SMA Negeri 1 Parungkuda tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Learning Cycle (LC) dengan jumlah 37 siswa, dan XI MIA 3 yang diberikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan jumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh Fhitung 4,48 sedangkan Ftabel sebesar = 1,99 sehingga diperoleh nilai F hitung > F table, dengan demikian hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat sismpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Group Investigation (GI). Hasil belajar biologi kelompok Learning Cycle (LC) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas Group Investigation (GI), hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif dari masing masing model pembelajaran.
Kata kunci : model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Group Investigation (GI), Hasil belajar
2017SB003.C1 | 59 MAR | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain