Skripsi Biologi
Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board Dengan Problem Based Learning Bingo Board Pada Materi Sisstem Reproduksi: Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana
Lulis Siti Napisah. 036113042. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan
Model Pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan Problem Based
Learning Bingo Board pada Materi Sistem Reproduksi. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Eka Suhardi M. Si dan Drs. H. Oding
Sunardi, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa pada materi
sistem reproduksi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry
Bingo Board dengan Problem Based Learning (PBL) Bingo Board. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciawi pada semester dua tahun ajaran 2016/2017
dari bulan Februari hingga bulan Juli 2017. Kelompok kelas X1-1 diberikan
model pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan jumlah 38 siswa dan
pada kelas XI-2 model pembelajaran PBL Bingo Board dengan jumlah 40 siswa.
Design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Postest Group
Design. Berdasarkan hasil uji t, menunjukan thitung sebesar 3,8 dan ttabel sebesar
2,64 sehingga thitung ˃ ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis
nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa
terdapat perbedaan hasil pembelajaran Biologi antara model Guided Inquiry
Bingo Board dengan PBL Bingo Board pada materi sistem reroduksi. Nilai rata-
rata N-Gain kelompok siswa Guided Inquiry Bingo Board lebih tinggi yaitu 61,3,
sedangkan kelompok siswa PBL Bingo Board mendapatkan nilai rata-rata N-Gain
55,9. Maka dapat disimpulkan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem
reproduksi yang menggunakan model Guided Inquiry Bingo Board lebih baik
dibandingkan dengan model PBL Bingo Board.
2018SB0009.C1 | 9 NAP | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain