Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Pendekatan Pedagogik & Didaktif: Pada Siswa dengan masalah dan gangguan perilaku
Dalam dunia pendidikan sering kali para guru harus menghadapi siswa-siswa yang bermasalah atau berperilaku menyimpang. Sering kali juga sangat sulit untuk menentukan apakah perilaku itu memang merupakan perilaku normal yang terdapat dalam fase perkembangan anak. Atau memang perilaku itu merupakan perilaku yang penuh risiko dan merupakan perilaku bermasalah. Dalam hal inilah pentingnya seorang guru perlu memahami bahwa terhadap adanya perilaku bermasalah tidak harus selalu menyalahkan siswa. Melihat berbagai penyebab perilaku bermasalah adalah sangat penting. Sering bahkan dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap perilaku bermasalah, maka masalah itu dapat diatasi. Dalam buku ini Willem de Jong menjelaskan dari berbagai sisi (siswa, keluarga, sekolah, dan lingkungan) di mana terdapat berbagai faktor risiko seperti misalnya faktor keturunan, temperamen, relasi, perilaku contoh, pelecehan, rasa malu, tak terurus, penyakit, berduka, dan tindak kekerasan. Benang merah dari buku ini adalah dengan: pengetahuan untuk bekerja secara proaktif, dan bukan berdasarkan asumsi-asumsi saja, tetapi berdasarkan pendekatan pedagogik dan didaktik yang profesional. Buku yang sangat praktis penuh dengan contoh-contoh pengalaman dan latar belakang teori ilmiah, sangat berguna bagi semua guru mulai sekolah usia dini hingga sekolah lanjutan dalam menghadapi masalah perilaku siswa baik di sekolah khusus maupun sekolah inklusi.
2018MPK00023.C1 | 370.15 DEJ | Rak MPK (RM) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain