Skripsi Biologi
Analissis Tentang Perilaku Siswa Dalam Menjaga Pelestarian Lingkungan Ditinjau Dari Kecerdasan Ekologis: Penelitian Mixed-Methods Explanatory Pada Siswa SMP Negeri Kelas VII Di Kecamatan Cigombong
Hanna Apriliana. 036113029. Analisis tentang Perilaku Siswa dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan ditinjau dari Kecerdasan Ekologis. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Hj. Rita Retnowati M.S dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.
Penelitian ini tergolong penelitian mixed-methods explanatory dengan metode penelitian yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif secara berurutan. Penelitian ini berfokus pada pendekatan korelasional dengan menggunakan studi cara korelasi. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel yaitu kecerdasan ekologis sebagai variabel bebas (independent variable) dan perilaku siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan sebagai variabel terikat (dependent variable). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kecerdasan ekologis dengan perilaku siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Desember 2017. Instrumen penelitian diuji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Cigombong sebanyak 196 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan kriteria slovin. Hasil pengujian prasyarat berupa uji normalitas Liliefors untuk Y atas X menunjukkan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett menunjukkan populasi bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan kurang erat antara kecerdasan ekologis dengan perilaku siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan persamaan regresi Ŷ = 36,14 + 0,51x. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,356 artinya bahwa kecerdasan ekologis merupakan salah satu faktor untuk menentukan perilaku siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Kata Kunci : Kecerdasan Ekologis, Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan.
2018SB0013 | 13 APR | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain