Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa

Ulfiyah, Laely/036113028 - Nama Orang;

LAELY ULFIYAH. 036113028. Perbedaan Model Problem Based Learning
dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripisi.
Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A,
S.U. dan Drs. Oding Sunardi, M.P.d
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Problem Based Learning dengan
Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman
hayti dan klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Oktober. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 di
SMAN 1 Cibungbuang Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random
Sampeling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas
eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berjumlah 35
siswa dan kelas X IPA 5 sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan model
Guided Inquiry berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh
nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning sebesar 73 dan pada
kelompok Guided Inquiry memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 60. Hasil uji-t
pada taraf yang signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,99
sehingga diperoleh thiutng > ttabel, maka dengan demikian hipotesis alternatif
(Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model Problem
Bsed Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada
materi keanekaragaman hayati dan klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar siswa
kelompok model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan
kelompok pembanding model Guided Inquiry.
Kata Kunci : Kuantitatif, Eksperimen, Problem Based Learning, Guided
Inquiry, Hasil Belajar.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 14 ULF
2018SB0014.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 ULF
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 301 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
14 ULF p 018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Eksperimen
Kuantitatif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Triasianingrum Afrikani, SU. dan Dr. Oding Sunardi, M. Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • ful teks
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?