Skripsi Biologi
Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa
LAELY ULFIYAH. 036113028. Perbedaan Model Problem Based Learning
dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripisi.
Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A,
S.U. dan Drs. Oding Sunardi, M.P.d
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Problem Based Learning dengan
Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman
hayti dan klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Oktober. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 di
SMAN 1 Cibungbuang Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random
Sampeling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas
eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berjumlah 35
siswa dan kelas X IPA 5 sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan model
Guided Inquiry berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh
nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning sebesar 73 dan pada
kelompok Guided Inquiry memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 60. Hasil uji-t
pada taraf yang signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,99
sehingga diperoleh thiutng > ttabel, maka dengan demikian hipotesis alternatif
(Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model Problem
Bsed Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada
materi keanekaragaman hayati dan klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar siswa
kelompok model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan
kelompok pembanding model Guided Inquiry.
Kata Kunci : Kuantitatif, Eksperimen, Problem Based Learning, Guided
Inquiry, Hasil Belajar.
2018SB0014.C1 | 14 ULF | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain