Skripsi Biologi
Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia
LINDA SUMINAR. 036113016. Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penguasaan konsep siswa antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Desember 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cileungsi tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 45 siswa, dan VIII.5 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 46 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 3,50 sedangkan ttabel sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai thitung ˃ ttabel dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil penguasaan konsep siswa antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia. Hasil penguasaan konsep siswa kelompok Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas Discovery Learning. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata skor N-Gain pada kelompok kelas Problem Based Learning (PBL) sebesar 71,8 sedangkan pada kelompok kelas Discovery Learning sebesar 62,4.
Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning (PBL), Penguasaan Konsep.
2017SB0062.C1 | 62 SUM | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain