Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Problem  Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA

Fitriani, Marsita Nur/036113015 - Nama Orang;

MARSITA NUR FITRIANI. 036113015. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si dan Dr. Eka Suhardi, M.Si
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Al Furqon Cileungsi tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah siswa 42 orang, kelas VII B untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Introduction (PBI) dengan jumlah siswa 44 orang. Berdasarkan hasil menggunakan analisis data, diperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar pada kelompok kelas PBL sebesar 66; kelompok kelas PBI sebesar 57. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05; diperoleh t hitung 5,28 sedangkan t tabel 1,99. Sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel, dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Hasil belajar siswa kelompok kelas PBL lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas PBI.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 17 WID
2018SB0015
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
17 WID
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 327 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
17 WID p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Eksperimen
Kuantitatif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Susi Sutjihati, M. Pd. dan Dr. Eka Suhardi, M. Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?