Skripsi Biologi
Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA
MARSITA NUR FITRIANI. 036113015. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si dan Dr. Eka Suhardi, M.Si
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Al Furqon Cileungsi tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah siswa 42 orang, kelas VII B untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Introduction (PBI) dengan jumlah siswa 44 orang. Berdasarkan hasil menggunakan analisis data, diperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar pada kelompok kelas PBL sebesar 66; kelompok kelas PBI sebesar 57. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05; diperoleh t hitung 5,28 sedangkan t tabel 1,99. Sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel, dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Hasil belajar siswa kelompok kelas PBL lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas PBI.
2018SB0015 | 17 WID | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain