Skripsi Biologi
Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Assurance, Relevance ,Interest, Assessment, Dan Satisfaction Dengan Auditory Intellectually Repetition
DIAN PERMATASARI. 036112018. Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction (ARIAS) Dengan Auditory Intellectually Repetition (AIR). Dibimbing oleh Dra. R.Teti Rostikawati, M.Si dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran ARIAS dengan AIR. Pada materi sistem organ pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Oktober. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pamijahan tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII 2 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model ARIAS dengan jumlah 35 siswa dan kelas VIII 4 menggunakan model AIR dengan jumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata nilai N-Gain kelompok ARIAS sebesar 64,11 dan kelompok AIR sebesar 57,45. Hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung= 2,37 dan ttabel = 1,99 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara Model Pembelajaran ARIAS dengan AIR. Hasil belajar siswa kelompok Pembelajaran ARIAS lebih baik dibandingkan dengan kelompok AIR.
2018SB0018.C1 | 18 PER | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain