Skripsi Indonesia
Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor
Ardiansyah: Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning
dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK
Telekomedika Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran
probing prompting learning dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa
kelas X SMK Telekomedia Kota Bogor serta untuk mengetahui kendala yang dialami
oleh siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Sampel penelitian ini yaitu kelas X
Keperawatan 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Keperawatan 1 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random
sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran probing
prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X
SMK Telekomedika Kota Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan
dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas
68 cukup mampu, dalam keterampilan menulis puisi, sedangkan hasil postes rata-rata
nilai kelas eksperimen dalam keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 86
sangat mampu. Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil perhitungan tersebut
diperoleh data harga t0= 2,73 dan d.b. = 60 hasilnya 1,67 < 2,73 > 2,39 dengan
demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung. Hasil tersebut menunjukan bahwa
penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan
keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor.
Hipotesis kedua yaitu, terdapat berbagai kendala yang dialami siswa kelas X SMK
Telekomedika Kota Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui
penggunaan model pembelajaran probing prompting learning. Kendala tersebut
dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket. Terdapat 20 siswa atau 65% yang
mengalami kendala dalam menulis puisi. Kemudian 18 siswa atau 58% mengalami
kendala menentukan suasana pada saat menulis puisi. Ada pula 20 siswa atau 65%
mengalami kendala menentukan makna pada saat menulis puisi serta 22 siswa atau
71% mengalami kendala menentukan diksi pada saat menulis puisi. Dengan demikian
model probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi
meskipun siswa masih mengalami kendala dalam menulis puisi, pemilihan suasana,
pemilihan makna, dan pemilihan diksi dalam menulis puisi.
Kata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model pembelajaran probing prompting
learning.
2018SI0004.C1 | 4 ARD | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain