Skripsi Indonesia
Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksemplum pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Bogor.
ABSTRAK
Muhammad Aditia Ramdhan: Penerapan Model Discovery Learning dalam
Pembelajaran Menulis Teks Eksemplum Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Bogor,
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning dalam
Pembelajaran Menulis Teks Eksemplum Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Bogor, serta
untuk mengetahui keefektifan yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks
eksemplum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes ( observasi dan angket). Tes
digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksemplum, sementara angket
digunakan untuk mengetahui kefektifan yang dialami setiap peserta didik pada saat proses
belajar mengajar menggunakan model tersebut dalam menulis teks eksemplum. Sampel
penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-G sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-I
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random
sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model discovery learning dapat mengefektifkan
keterampilan menulis teks eksemplum pada siswa kelas IX SMP Negeri 9 Bogor dapat teruji
kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 73%efektifnya waktu
saat pembelajaran dengan persentase, 90% efektif saat diterapkannya model discovery
learning dalam pembelajaran teks eksemplum, kemudian 73% efektif saat menentukan
orientasi menulis teks eksemplum. Hipotesis kedua yaitu proses penerapan model discovery
learning dapat meninngkatkan keterampilan menulis teks eksemplum pada siswa kelas IX
SMP Negeri 9 Bogor hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas
eksperimen dengan rata-rata 69,26. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa taraf
kemampuan peserta didik berada dalam taraf cukup mampu dalam menulis teks eksemplum.
Sementara itu, pada hasil postes menunjukkan peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen
dalam menulis teks eksemplum menjadi 76 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukkan
peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu 6,74. Kemudian dapat dilihat
juga dari perhitungan mean diperoleh t0,01 = 2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt
2,39 1,67. Dengan demikian penerapan model discovery learning dapat
mengefektifkan sekaligus meningkatkan keterampilan menulis teks eksemplum.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks eksemplum, discovery learning.
Application of Learning Model for Discovery Learning in Learning Exemplary
Text Writing for Students in Grade IX of SMP Negeri 9 Kota Bogor
ABSTRACT
This study aims to determine the application of the Discovery Learning model in Exemplum Text
Writing Learning in Class IX Students of SMP Negeri 9 Bogor, and to find out the effectiveness
experienced by students in writing exemplum texts. The method used in this study is experiment. Data
collection techniques used are tests and nontes (observations and questionnaires). The test is used to
find out the exemplum text writing skills, while the questionnaire is used to find out the effectiveness
experienced by each student during the teaching and learning process using the model in writing
exemplum texts. The sample of this study was students of class IX-G as the experimental class and
class IX-I as the control class. The sampling technique was carried out by cluster random sampling.
The first hypothesis is that the application of discovery learning models can streamline the exemplum
text writing skills in class IX of SMP Negeri 9 Bogor. Based on the results of the questionnaire, which
stated as much as 73% effective time when learning with percentages, 90% effective when the
discovery learning model was implemented in the learning of exemplary texts, then 73% effective
when determining the orientation of writing exemplum texts. The second hypothesis is that the process
of implementing discovery learning models can improve the writing skills of exemplary texts in class
IX of SMP Negeri 9 Bogor. This can be proven by obtaining experimental class pre-test data with an
average of 69.26. From these data it can be seen that the level of ability of students is quite capable in
writing exemplum texts. Meanwhile, in the post-test results showed an increase, the average value of
the experimental class in writing the exemplary text became 76 with a capable level. This shows a
significant increase in the experimental class which is 6.74. Then it can be seen also from the
calculation of the mean obtained t0.01 = 2.39. Thus t0 is greater than tt 2.39 1.67. Thus the
application of discovery learning models can be effective as well as improve exemplum text writing
skills.
Keywords: writing skills, text extrusion, discovery learning.
Tidak tersedia versi lain