Skripsi Indonesia
Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor
Dadang Sanusi “Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor”. Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Pakuan, 2018.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh hasil mengenai peningkatan
kemampuan menulis puisi melalui model Mind Mapping pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 7 Bogor. Selain untuk mengetahui peningkatan dalam kemampuan menulis
puisi, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap aktivitas
siswa dalam belajar menulis puisi melalui model Mind Mapping. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor, dengan sampel siswa
kelas VIII-7 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8
yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan nontes
(angket dan observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa
menulis puisi dengan menggunakan model Mind Mapping mengalami peningkatan
teruji kebenarannya dengan melihat hasil awal (prates) pada kelas eksperimen ada
pada tingkatan kurang mampu dengan nilai rata-rata 48,18 pada interpretasi kurang
berhasil, sedangkan hasil akhir (postes) di kelas yang sama keterampilan menulis
puisi pada siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 69,24 pada
interpretasi cukup berhasil. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean
dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 2,40 dan db= 64. Dari db
64 diperoleh harga t0,05= 1,66 dan harga t0,01= 2,38 dengan demikian, thitung jauh lebih
besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu
1,662,38. Jadi, hasil analisis menunjukkan dengan penerapan model Mind
Mapping merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi,
dengan demikian terlihat bahwa model Mind Mapping dapat digunakan dalam
menulis puisi. Berdasarkan perhitungan dan analisis data angket dapat diketahui
bahwa kendala siswa saat proses pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu kendala
dalam menentukan unsur fisik puisi dan kendala dalam menerima model
pembelajaran yang diberikan saat proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model Mind Mapping
2018SI0017.C1 | 17 SAN | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain