Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor.
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor.

Maesaroh, Siti/032114109 - Nama Orang;

Siti Maesaroh: Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14
Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audiovisual dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri
14 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks ulasan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII
SMP Negeri 14 Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster
random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan media audiovisual dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri
14 Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (pretest) di kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata 39, sedangkan hasil tes akhir (posttest) nilai ratarata siswa meningkat menjadi 75. Hasil tes awal (pretest) di kelas kontrol diperoleh
nilai rata-rata 30, sedangkan hasil tes akhir (posttest) di kelas kontrol setelah
diterapkan media audio nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 50.
Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa
yang lebih baik dengan menggunakan media audiovisual, yaitu nilai rata-rata yang
semula 39 menjadi 75. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean
menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 = 4,01, harga t095 = 1,67, dan harga t099
= 2,39. Perbandingan t0 dan tt yaitu 1,672,39, dengan demikian t0 lebih besar
daripada ttabel, artinya penggunaan media audiovisual pada kelas eksperimen dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa. Hal tersebut
menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua,
yaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks ulasan dengan menggunakan
media audiovisual, terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket,
siswa terlihat mengalami kendala saat menulis teks ulasan dengan kendala
menentukan sinopsis dengan persentase 32%, kendala juga dialami pada saat
menentukan konjungsi dengan persentase 35%. Selain itu, kendala juga dialami siswa
saat pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dengan persentase 32%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa, meskipun pada saat
menulis teks ulasan siswa mengalami kendala.
Kata kunci: Menulis, teks ulasan, audiovisual


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 13 MAE p
2018SI0013.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
13 MAE p
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 185 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
13 MAE p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Menulis
Teks Ulasan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Siti Maesaroh
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?