Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor.
Siti Maesaroh: Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14
Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audiovisual dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri
14 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks ulasan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII
SMP Negeri 14 Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster
random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan media audiovisual dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri
14 Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (pretest) di kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata 39, sedangkan hasil tes akhir (posttest) nilai ratarata siswa meningkat menjadi 75. Hasil tes awal (pretest) di kelas kontrol diperoleh
nilai rata-rata 30, sedangkan hasil tes akhir (posttest) di kelas kontrol setelah
diterapkan media audio nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 50.
Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa
yang lebih baik dengan menggunakan media audiovisual, yaitu nilai rata-rata yang
semula 39 menjadi 75. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean
menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 = 4,01, harga t095 = 1,67, dan harga t099
= 2,39. Perbandingan t0 dan tt yaitu 1,672,39, dengan demikian t0 lebih besar
daripada ttabel, artinya penggunaan media audiovisual pada kelas eksperimen dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa. Hal tersebut
menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua,
yaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks ulasan dengan menggunakan
media audiovisual, terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket,
siswa terlihat mengalami kendala saat menulis teks ulasan dengan kendala
menentukan sinopsis dengan persentase 32%, kendala juga dialami pada saat
menentukan konjungsi dengan persentase 35%. Selain itu, kendala juga dialami siswa
saat pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dengan persentase 32%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa, meskipun pada saat
menulis teks ulasan siswa mengalami kendala.
Kata kunci: Menulis, teks ulasan, audiovisual
2018SI0013.C1 | 13 MAE p | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain