Skripsi Indonesia
Analisis Perubahan Morfofonemik Dalam Afiks Pada Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor
Niken Sulistiani 2018: Analisis Perubahan Morfofonemik dalam Afiks pada Teks
Ulasan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Pakuan, Bogor, 2018.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perubahan morfofonemik pada afiks dalam teks
ulasan jenis perubahan morfofonemik yang muncul pada afiks dalam teks ulasan siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Perubahan morfofonemik pada prefiks morfem
meN- yang difokuskan pada perubahan fonem dan penghilangan fonem. Metode yang
digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan, yaitu
teknik studi pustaka. Dari kumpulan data tersebut, peneliti menemukan 158 kata yang
mengalami proses morfofonemik prefiks pada morfem meN-, yaitu me-, men-, mem-, meny-
¸dan meng-. Berdasarkan data yang ditemukan pada teks ulasan siswa tersebut, pada kata yang
sama dan memiliki makna yang sama hanya dianalisis satu kata. Selanjutnya, peneliti
mengklasifikasikannya ke dalam kelompok-kelompok, yaitu berdasarkan proses
morfofonemik. Bahwa hasil analisis proses morfofonemik morfem meN- yang telah
dikumpulkan, kemudian dapat diketahui persentasenya yaitu, proses morfofonemik pada
morfem meN- bahwa yang paling banyak ditemukan, yaitu bentuk meN- berubah menjadi men-
yang mengalami penghilangan fonem serta menunjukkan adanya kata kerja aktif dapat dilihat
terdapat sebanyak 41 kata atau 25,95%. Posisi kedua yang mengalami proses morfofonemik
yang paling banyak, yaitu pada morfem meN- yang berubah menjadi meng- yang mengalami
perubahan fonem serta menunjukkan adanya kata kerja aktif, dapat dilihat terdapat sebanyak
32 kata atau 20,89%. Lalu, penggunaan proses morfofonemik yang sering digunakan serta
berjumlah sama, yaitu pada morfem meN- yang berubah menjadi mem- yang mengalami
perubahan fonem serta menunjukkan adanya penggunaan kata kerja aktif, itu dapat dilihat
sebanyak 29 kata atau 18,35%, dan bentuk meN- berubah menjadi meny- yang termasuk ke
dalam penghilangan fonem serta menunjukkan adanya penggunaan kata kerja aktif, dapat
dilihat sebanyak 29 kata atau 18,35%. Posisi terakhir, yaitu proses morfofonemik pada prefiks
morfem meN- berubah menjadi me- yang termasuk ke dalam jenis perubahan fonem serta
menunjukkan adanya pengunaan kata kerja aktif, kata tersebut sebanyak 26 kata atau 16,46%.
Pada jenis-jenis morfofonemik yang didapat hasilnya secara keseluruhan dari analisis tersebut
dapat disimpulkan ialah pada proses penghilangan fonem, yaitu hilangnya fonem dengan
disenyawakan dengan fonem lain, dapat dilihat sebanyak 96 kata atau 60,75% dan perubahan
fonem, yaitu berubahnya suatu fonem, akibat adanya proses morfologi, dapat ditemukan
sebanyak 67 kata atau 42,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan, pada proses morfofonemik dalam afiks pada teks ulasan siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor bahwa yang paling banyak ditemukan adalah morfem
men-, yaitu sebanyak 41 kata atau 25,95%, dan jenis morfofonemik yang paling banyak
ditemukan, yaitu penghilangan fonem ditemukan sebanyak 96 kata atau 60,75%. Kata yang
dominan muncul pada teks ulasan siswa, yaitu kata melihat sebanyak 19 kata.
Kata Kunci: Morfofonemik, afiks, dan teks ulasan.
Tidak tersedia versi lain