Skripsi Biologi
Pengemabnagan Bahan ajar IPA Berbasis Pembelajaran Luar Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
Eka Setiyawati. 036114079. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Pembelajaran Luar Kelas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd., dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan BAJAI LUAS sebagai pelengkap yang lebih efektif pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Agustus 2018. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa Kelas VII-F SMPN 14 Kota Bogor tahun akademik 2018/2019 sebanyak 31 orang siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) hasil validasi kelayakan BAJAI LUAS oleh tiga orang ahli sains menunjukan kriteria valid tanpa revisi dengan tingkat pencapaian sebesar 82,54% 2) BAJAI LUAS mampu membantu siswa dalam pencapaian kompetensi, siswa menjadi lebih aktif bertanya, lebih instens dalam membaca materi untuk membuktikan hasil pengamatannya, lebih fokus untuk memahami apa yang sedang diamati, dan lebih berani untuk mengemukakan pendapatnya saat berdiskusi dengan teman sekelompoknya 3) efektif membantu guru dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan hasil rata-rata tanggapan guru 91% (sangat baik) 4) BAJAI LUAS sensitif dalam pembelajaran dan melatih keterampilan proses sains siswa dengan nilai sensitifitas 0,31 5) BAJAI LUAS dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,46 (sedang).
2018SB0028.C1 | 28 SET | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain