Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah IPA: Penelitian tindakan kelas lesson study pada siswa kelas VIII SMPN 4 Cibinong
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah IPA: Penelitian tindakan kelas lesson study pada siswa kelas VIII SMPN 4 Cibinong

Nurhayati, Ismayani/036114098 - Nama Orang;

Ismayani Nurhayati, 036114098 Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah IPA. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si., dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study (PTKLS). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan implementasi model pembelajaran PBL berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Oktober 2018 yang terdiri atas 39 siswa di kelas VIII-3. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan refleksi (See). Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validasi ahli. Nilai rata-rata siklus I sebesar 74,47 dan persentase pencapaian KMM 51,28% meningkat pada siklus II menjadi 84,05 dan persentase pencapain KMM 82,05%. Hal ini telah melewati batas nilai KMM yang ditentutkan yaitu sebesar 75 dan kriteria keberhasilan 75%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KMM pada setiap siklusnya. Berdasakan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis Lesson Study dapat Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah siswa kelas VIII-3 di SMPN 4 Cibinong.

Kata kunci: Model pembelajaran, problem based learning, kemampuan
memecahkan masalah, lesson study.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 72 NUR
2018SB0072.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
72 NUR
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
viii,257 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
72 NUR p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Model Pembelajaran
Lesson Study
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Surti Kurnaisih, M. Si. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?