Skripsi Biologi
Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah IPA: Penelitian tindakan kelas lesson study pada siswa kelas VIII SMPN 4 Cibinong
Ismayani Nurhayati, 036114098 Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah IPA. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si., dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study (PTKLS). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan implementasi model pembelajaran PBL berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Oktober 2018 yang terdiri atas 39 siswa di kelas VIII-3. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan refleksi (See). Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validasi ahli. Nilai rata-rata siklus I sebesar 74,47 dan persentase pencapaian KMM 51,28% meningkat pada siklus II menjadi 84,05 dan persentase pencapain KMM 82,05%. Hal ini telah melewati batas nilai KMM yang ditentutkan yaitu sebesar 75 dan kriteria keberhasilan 75%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KMM pada setiap siklusnya. Berdasakan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis Lesson Study dapat Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah siswa kelas VIII-3 di SMPN 4 Cibinong.
Kata kunci: Model pembelajaran, problem based learning, kemampuan
memecahkan masalah, lesson study.
2018SB0072.C1 | 72 NUR | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain