Skripsi Biologi
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Crossword Puzzel
Veny Azra Gusnia Reusia. 036113040. 2017. Upaya Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiry
Terbimbing dan Crossword Puzzel. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di
bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research), dengan subjek sebanyak 40 siswa kelas XI IPA 2. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Model
Pembelajaran Inquiry Terbimbing dan Crossword Puzzel. Proses penelitian
dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap: perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan
evaluasi dengan instrumen yang telah melalui uji judgment ahli, validitas, uji
reliabilitas item tes. Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Inquiry
Terbimbing dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Terlihat dari
hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 yang
mencapai kategori tinggi yaitu 32,5% dari 40 siswa dengan nilai rata-rata 50,08.
Pada siklus 1 menjadi sekitar 65,00% dari 40 siswa dengan rata-rata nilai
kemampuan berpikir kritis 73,8. Rata-rata pada siklus 2 meningkat menjadi 79,8
atau sekiatr 77,50% dari 40 siswa. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat
disimpulkan bahwa, dengan Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Melalui Model Inquiry Terbimbing dan Crossword Puzzel dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Bogor.
Tidak tersedia versi lain