Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Demonstration Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan : Studi Kurikulum 2013 Ini Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V B Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019
Martini, 037114413, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Demonstration Untuk meningkatkan Hasil belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pada Siswa Kelas VB Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018/2019. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dan kesehatan. Subjek penelitian ini adalah kelas VB Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 02 yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan mencapai persentase 47% dengan nilai rata-rata 66, sedangkan pada siklus II mencapai persentase 87% dengan nilai rata-rata 82,5, artinya penelitian berhasil. Begitupula dengan dengan perbaikan proses pembelajaran siklus I sebesar 87, siklus II sebesar 92. Sedangkan pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada sikap kerjasama, percaya diri dan rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh nilai 70,06, pada sikap sosial siswa yang meliputi kerjasama, percaya diri dan rasa ingin tahu pada siklus II dengan mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan memperoleh nilai 80. Pada ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan pun mengalami peningkatan pada siklus I mencapai persentase 40% dengan nilai rata-rata 74,67 pada siklus II mencapai persentase 83% dengan nilai rata-rata 83,78. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif demonstration untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Pada siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Jasmani dan, Model
Pembelajaran Kooperatif Demonstration
2019PGSD0024.C1 | 24 LIS | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain