Text
Perbedaan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL)
FAUZIA CATUR JANUWATI. 036114067. Perbedaan Hasil Belajar Biologi
Dengan Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dan
Problem Based Learning (PBL) siswa SMA Negeri 6 Bogor. Skripsi.
Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dra. Triasiningrum A,S.U dan Dr.
Eka Suhardi, M.Si.
Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar biologi dengan
menggunakan Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based
Learning (PBL) pada siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Bogor dengan materi
struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan. penelitian dilaksanakan pada
bulan oktober. Populasi penelitian adalah kelas XI di SMA Negeri 6 Bogor tahun
akademik 2018/2019. Sampel digunakan kelas XI MIPA 2 kelas eksperimen 1
diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted
Individualization dengan jumlah siswa 36 siswa. Kelas XI MIPA 1 kelas
eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dengan jumlah 37 siswa. Hasil penelitian siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan rata-
rata N-Gain 50 sedangkan kelompok kelas model pembelajaran Problem Based
Learning dengan rata-rata N-Gain 40. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada
taraf signifikasi α = 0,05, diperoleh thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan hasil
belajar biologi antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Team
Assisted Individualization dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Diantara kedua model eksperimen, model pembelajaran Team Assisted
Individualization lebih memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar
biologi.
Kata kunci: Team Assisted Individualization, Problem Based Learning, hasil
belajar biologi
2018SB0100.C1 | 100 JAN | Rak Skripsi Biologi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain