Text
Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa : Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018
iv
ABSTRAK
Desi Widia Ningsih. 037114049. Hubungan Antara Komunikasi
Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa pada siswa kelas IVA, IVB,
dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea
Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui terdapat hubungan positif antara komunikasi
interpersonal dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan
studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 119 siswa kelas IVA,
IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea
Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 54 siswa yang
diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data
dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert
untuk komunikasi interpersonal dan motivasi belajar siswa. Uji validitas
instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment
Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil
penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara
komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa dengan
koefisiensi korelasi sebesar 0,93 yang dikategorikan sangat kuat. Adanya
hubungan yang fungsional antara komunikasi interpersonal dengan
motivasi belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= (-0,014 +
1,036x) setiap kenaikan 1 unit motivasi belajar akan meningkatkan 1,036
komunikasi interpersonal. Hasil koefisien determinasi r2 = 0,86 yang
menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berkontribusi sebesar 86%
terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : komunikasi interpersonal, motivasi belajar siswa
2018PGSD0400.C1 | 400 NIN | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain