Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa : Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, IVC  Sekolah Dasar negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018
Penanda Bagikan

Text

Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa : Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Ningsih, Desi Widia/ 037114049 - Nama Orang;

iv
ABSTRAK
Desi Widia Ningsih. 037114049. Hubungan Antara Komunikasi
Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa pada siswa kelas IVA, IVB,
dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea
Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui terdapat hubungan positif antara komunikasi
interpersonal dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan
studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 119 siswa kelas IVA,
IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea
Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 54 siswa yang
diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data
dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert
untuk komunikasi interpersonal dan motivasi belajar siswa. Uji validitas
instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment
Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil
penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara
komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa dengan
koefisiensi korelasi sebesar 0,93 yang dikategorikan sangat kuat. Adanya
hubungan yang fungsional antara komunikasi interpersonal dengan
motivasi belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= (-0,014 +
1,036x) setiap kenaikan 1 unit motivasi belajar akan meningkatkan 1,036
komunikasi interpersonal. Hasil koefisien determinasi r2 = 0,86 yang
menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berkontribusi sebesar 86%
terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : komunikasi interpersonal, motivasi belajar siswa


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD 400 NIN
2018PGSD0400.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
400 NIN
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 203 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
400 NIN h 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
komunikasi interpersonal
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Rais Hidayat, M.Pd. dan Tatang Mahajang, M. Ag.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?