Text
Analisis Penokohan Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye Sebagai Upaya Bahan Pengayaan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMA
Ela Nuramanah: Analisis Penokohan Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere
Liye Sebagai Upaya Bahan Pengayaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2015
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penokohan dalam novel Moga
Bunda Disayang Allah dengan cara memerhatikan dialog antar tokoh, dan menilai kelayakan
novel ini untuk dijadikan bahan ajar pada sekolah tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode kualitatif, yaitu mengumpulkan data serta menganalisisnya dari
berbagai sumber, penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian dengan cara
mengumpukan data yang berupa kata, gambar atau keadaan, sehingga penelitian deskriptif
kualitatif tidaklah menggunakan angka. Data-data yang telah diperoleh kemudian diklasifikasi
dan dianalisis penokohannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka ditemukan kutipan
dialog tokoh utama sebanyak 57 kutipan, dialog tokoh tambahan sebanyak 13 kutipan, dialog
protagonis sebanyak 38 kutipan, tokoh antagonis sebanyak 22 kutipan dan dialog berkembang
sebanyak 16 kutipan, penokohan dalam dialog-dialog tersebut pun beragam seperti rasa peduli,
memiliki kasih sayang, kasar, religius, dan ceroboh. Berdasarkan kriteria kurikulum maka novel
Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye layak untuk dijadikan bahan pembelajaran bahasa
dan sastra di tingkat SMA.
Kata Kunci : Penokohan, Novel
Tidak tersedia versi lain