Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Bogor
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Bogor

Ramadhian,Gita/032113132 - Nama Orang;

Gita Ramadhian :” Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18
Bogor”, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Tujuan penelitian ini Untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan
menulis pantun melalui penerapan model pembelajaran explicit instruction pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor. Untuk memperoleh gambaran kendala
apa yang terjadi dalam penerapkan model pembelajaran explicit instruction dalam
meningkatkan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18
Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor.
Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I
sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama
yaitu Penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan
keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMPN 18 Bogor. Hal tersebut
dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata 65 dapat diketahui kemampuan siswa cukup dalam menulis pantun, sedangkan
hasil postes rata-rata nilai siswa kelas eksperimen dalam menulis pantun meningkat
menjadi 85 dengan taraf kemampuan baik sekali. Hasil perbandingan mean kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunkan uji t, diperoleh data harga t0= 3,6
dan d.b.= 62 dengan taraf t dituliskan menjadi 2,42 2,68 hal tersebut menunjukan
peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu Adanya
kendala dalam penggunaan model pembelajaran explicit instruction untuk
meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMPN 18 Bogor.
Hasil angket menunjukan bahwa siswa dalam menulis pantun mengalami kendala
saat menuangkan isi gagasan dalam menulis pantun. Sebanyak 26 siswa atau 81%,
kendala saat menentukan judul dalam menulis pantun 27 atau 84%, kendala saat
membuktikan hipotesis dan menarik kesimpulan berdasarkan penemuan tentang
pantun sebanyak 22 atau 68%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran
explicit instruction dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun walaupun
terdapat kendala selama proses namun tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan
yang dicapai oleh siswa.
Kata Kunci : Kemampuan menulis pantun, Model pembelajaran explicit instruction


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia 32 RAM
2018S10032.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
32 RAM
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xi,224 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
32 RAM p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi Indonesia
Subjek
Kemampuan Menulis Pantun
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs. Aam Nurjaman, M. Pd. dan Rina Rosdiana, M. Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Gita Ramadhian
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?