Text
Penggunaan Multimedia Dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bogor
Putri Tresna Maulidina: Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8
Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia dalam
meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa
kelas XII SMAN 8 Kota Bogor, dan untuk mengetahui kendala siswa melalui
penggunaan multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan obeservasi.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMAN 8 Bogor. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam
penelitian yaitu kelas XII IPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA-4
sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan multimedia dapat
meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa
kelas XII SMAN 8 Bogor, dinyatakan berhasil. Hal ini terlihat dari hasil prates di
kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 57 dan berada pada
tingkat penguasaan kurang mampu sedangkan, nilai rata-rata postes meningkat
menjadi 82 dan berada pada tingkat penguasaan mampu. Hasil prates di kelas kontrol
yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52 dan berada pada tingkat penguasaan
kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata postes setelah kegiatan pembelajaran
melalui media audio meningkat menjadi 72 dan berada pada penguasaan cukup
mampu. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui peningkatan nilai yang baik
dalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan multimedia. Berdasarkan hasil
perhitungan mean menggunakan rumus uji nilai-t, diperoleh harga tₒ= 3,12 dengan
harga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39. Perbandingan nilai hasil uji-t dengan nilai ttabel yaitu 1,67 2,39, dengan demikian nilai uji-t lebih besar dari nilai t-tabel,
mengartikan penggunaan multimedia pada kelas ekperimen dapat meningkatan
keterampilan menulis teks cerita sejarah. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami
kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita sejarah, terbukti
kebenarannya. Kendala terbesar siswa, keraguan siswa saat menulis teks cerita
sejarah dengan persentase 50%, dialami juga kendala kesulitan siswa menuliskan
gagasan yang terbayang dalam otak dengan persentase 53%, dan kesulitan
pengoperasian multimedia dengan persentase 23%. Dengan demikian dapat
disimpulkan, penggunaan multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis teks
cerita sejarah, meskipun pada saat menulis teks cerita sejarah siswa mengalami
kendala.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks cerita sejarah, multimedia
2018S10059.C1 | 59 MAU | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain