Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Multimedia Dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bogor
Penanda Bagikan

Text

Penggunaan Multimedia Dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bogor

Maulidina,Putri Tresna/032114128 - Nama Orang;

Putri Tresna Maulidina: Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8
Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia dalam
meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa
kelas XII SMAN 8 Kota Bogor, dan untuk mengetahui kendala siswa melalui
penggunaan multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan obeservasi.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMAN 8 Bogor. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam
penelitian yaitu kelas XII IPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA-4
sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan multimedia dapat
meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa
kelas XII SMAN 8 Bogor, dinyatakan berhasil. Hal ini terlihat dari hasil prates di
kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 57 dan berada pada
tingkat penguasaan kurang mampu sedangkan, nilai rata-rata postes meningkat
menjadi 82 dan berada pada tingkat penguasaan mampu. Hasil prates di kelas kontrol
yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52 dan berada pada tingkat penguasaan
kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata postes setelah kegiatan pembelajaran
melalui media audio meningkat menjadi 72 dan berada pada penguasaan cukup
mampu. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui peningkatan nilai yang baik
dalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan multimedia. Berdasarkan hasil
perhitungan mean menggunakan rumus uji nilai-t, diperoleh harga tₒ= 3,12 dengan
harga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39. Perbandingan nilai hasil uji-t dengan nilai ttabel yaitu 1,67 2,39, dengan demikian nilai uji-t lebih besar dari nilai t-tabel,
mengartikan penggunaan multimedia pada kelas ekperimen dapat meningkatan
keterampilan menulis teks cerita sejarah. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami
kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita sejarah, terbukti
kebenarannya. Kendala terbesar siswa, keraguan siswa saat menulis teks cerita
sejarah dengan persentase 50%, dialami juga kendala kesulitan siswa menuliskan
gagasan yang terbayang dalam otak dengan persentase 53%, dan kesulitan
pengoperasian multimedia dengan persentase 23%. Dengan demikian dapat
disimpulkan, penggunaan multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis teks
cerita sejarah, meskipun pada saat menulis teks cerita sejarah siswa mengalami
kendala.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks cerita sejarah, multimedia


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia 59 MAU
2018S10059.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
59 MAU
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xiii,158 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
59 MAU p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi Indonesia
Subjek
Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah,Multimedi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Tri Mahajani, M. Pd. dan Sandi Budiana, M. Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Putri Tresna
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?