Text
Penerapan Model Inkuiri Dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Nafkah Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor
Tamia Febri Nandini: Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan
Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Naskah Drama pada Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 4 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model inkuiri dalam meningkatkan
keterampilan dan mengetahui kendala yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Bogor pada saat menulis teks naskah drama. Siswa yang dijadikan responden
penelitian, yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah responden
sebanyak 39 siswa. Selain itu, dilibatkan juga siswa kelas VIII-C sebagai kelas
kontrol dengan jumlah responden sebanyak 39 siswa. Pada kelas eksperimen
diterapkan model pembelajaran Inkuiri, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pertemuan dilaksanakan
sebanyak dua kali baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis teks naskah drama, angket, dan
observasi. Setelah itu, hasil yang telah diperoleh dijadikan bukti hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas pretes 42,79, sedangkan di
kelas postes eksperimen dengan menerapkan model Inkuri mengalami peningkatan
dengan jumlah rata-rata nilai 85,42. Hasil pretes diperoleh nilai rata-rata 35,78,
sedangkan hasil postes di kelas kontrol setelah diterapkan model Problem Based
Learning (PBL) nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 60,74. Selain itu,
terdapat bukti lain berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh data thitung = 3,9 dan
db = 76 dan diperoleh harga t00,99 = 2,64 dan t harga t00,95 = 1,99. Dengan demikian,
thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel <
thitung, yaitu 1,992,64. Hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan model
Inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks naskah drama pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
dilapangan, terdapat kendala yang dihadapi siswa, yaitu sebanyak 48,7% mengalami
kesulitan dalam menentukan judul yang akan ditulis dalam teks naskah drama,
sebanyak 12,8% mengalami kesulitan dalam menentukan aspek kebahasaan pada teks
naskah drama yang telah disebutkan, sebanyak 25,6% siswa mengalami kendala
dalam mengembangkan konflik, sebanyak 23,1% mengalami kesulitan dalam
mengurutkan struktur teks naskah drama pada teks yang disusun secara acak, dan
48,7% siswa mengalami kesulitan pada saat menuliskan teks naskah drama dengan
jumlah yang telah ditentukan.
Kata kunci: keterampilan menulis, teks naskah drama, model inkuir
2018S10055.C1 | 55 NAN | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain