Text
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Bogor
Poppy Novia: Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas
VII SMP Negeri 9 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks
prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa
dalam menulis teks prosedur melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai
kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan
keterampilan menulis teks prosedur dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan
dengan hasil prates kelas eksperimen yang memeroleh nilai rata-rata kelas 62 berarti
keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu dalam menulis teks
prosedur, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat jadi
81 dengan taraf mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dengan kelas
kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung=2,63 dan d.b=62
dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 < 2,63 > 2,39. hal tersebut menunjukan
peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis yang kedua yaitu,
siswa mengalami kendala dalam menulis teks prosedur melalui penerapan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil angket menyatakan bahwa saat
siswa menulis teks prosedur mengalami kendala saat menulis langkah-langkah dalam
menulis teks prosedur sebanyak 22 siswa atau 69%. Dengan demikian, penerapan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks prosedur walaupun terdapat kendala dalam menulis teks
prosedur. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh terhadap peningkatan yang dicapai
oleh siswa.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL)
2018S10050.C1 | 50 NOV | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain