Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Bogor
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Bogor

Novia,Poppy/032114014 - Nama Orang;

Poppy Novia: Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas
VII SMP Negeri 9 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks
prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa
dalam menulis teks prosedur melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai
kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan
keterampilan menulis teks prosedur dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan
dengan hasil prates kelas eksperimen yang memeroleh nilai rata-rata kelas 62 berarti
keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu dalam menulis teks
prosedur, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat jadi
81 dengan taraf mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dengan kelas
kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung=2,63 dan d.b=62
dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 < 2,63 > 2,39. hal tersebut menunjukan
peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis yang kedua yaitu,
siswa mengalami kendala dalam menulis teks prosedur melalui penerapan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil angket menyatakan bahwa saat
siswa menulis teks prosedur mengalami kendala saat menulis langkah-langkah dalam
menulis teks prosedur sebanyak 22 siswa atau 69%. Dengan demikian, penerapan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks prosedur walaupun terdapat kendala dalam menulis teks
prosedur. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh terhadap peningkatan yang dicapai
oleh siswa.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL)


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia 50 NOV
2018S10050.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
50 NOV
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xii,114 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
50 NOV p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi Indonesia
Subjek
Keterampilan Menulis,Teks Prosedur,Pendekatan Cont
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Suhendra, M.Pd. Dan Rina Rosdiana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?