Text
Penerapan Model Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Terbuka Cisarua, Kabupaten Bogor
Agus Salim “Penerapan Model Concept Sentence dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Puisi Rakyat (Pantun) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1
Terbuka Cisarua Kabupaten Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2018.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh hasil mengenai peningkatan
kemampuan menulis pantun melalui model Concept Sentence pada siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Terbuka Cisarua Bogor. Selain untuk mengetahui peningkatan dalam
kemampuan menulis pantun, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
peningkatan terhadap aktivitas siswa dalam belajar menulis pantun melalui model
Concept Sentence. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri
1 Terbuka Cisarua Bogor, dengan sampel siswa kelas VII-7 yang berjumlah 33 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-8 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas
kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan menggunakan teknik tes dan nontes (angket dan observasi). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis pantun dengan menggunakan model
Concept Sentence mengalami peningkatan teruji kebenarannya dengan melihat hasil
awal (prates) pada kelas eksperimen ada pada tingkatan kurang mampu dengan nilai
rata-rata 48,18 pada interpretasi kurang berhasil, sedangkan hasil akhir (postes) di
kelas yang sama keterampilan menulis pantun pada siswa mengalami peningkatan
yaitu dengan nilai rata-rata 69,24 pada interpretasi cukup berhasil. Berdasarkan hasil
perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga
thitung= 2,40 dan db= 64. Dari db 64 diperoleh harga t0,05= 1,66 dan harga t0,01= 2,38
dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan
karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,662,38. Jadi, hasil analisis menunjukkan
dengan penerapan model Concept Sentence merupakan salah satu cara untuk
meningkatkan keterampilan menulis pantun, dengan demikian terlihat bahwa model
Concept Sentence dapat digunakan dalam menulis pantun. Berdasarkan perhitungan
dan analisis data angket dapat diketahui bahwa kendala siswa saat proses
pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu kendala dalam menentukan struktur pantun
dan kendala dalam menerima model pembelajaran yang diberikan saat proses
pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Keterampilan menulis, pantun, model Concept Sentence
Tidak tersedia versi lain