Skripsi Biologi
Analisis Sequential Explanatory Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Konsep Diri Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Bogor Utara
SUSI FITRIA SARI. 036114037. Analisis Sequential Explanatory Kemampuan
Berpikir tingkat tinggi ditinjau dari konsep diri siswa SMA Negeri Se-
kecamatan Bogor Utara. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah
bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S, dan Dra.Triasianingrum,S.U.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory
kuantitatif-kualitatif yang terdiri atas 2 variabel yaitu konsep diri sebagai variabel
bebas (X) dan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai variabel terikat (Y).
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara
konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Bogor dan SMA Negeri 8 Bogor
2018/2019 dengan jumlah sampel sebanyak 207 responden. Pengambilan sampel
diperoleh dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling kriteria
Slovin. Data penelitian kuantitatif diperoleh menggunakan soal untuk variabel Y
dan questioner untuk variabel X dengan skala sikap rating scale untuk variabel X.
Data penelitian kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Uji validitas
instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan rumus Point Biseral
dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-20 dan Uji validitas
instrumen konsep diri menggunakan rumus Product Moment Person dan pengujian
reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data
kuantitatif dengan perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji
normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett.
Sedangkan analisis data kualitatif dengan mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi dengan
rumus Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
hubungan positif antara konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi
dengan persamaan regresi Ŷ= 13.3561 + 0.066x. Nilai koefisien korelasi (r) =
0,244 dan r2 = 5,94 % dengan nilai interpretasinya rendah. Harga r2 mengandung
arti bahwa 5,94 % kemampuan berpikir tingkat tinggi dipengaruhi oleh konsep diri
siswa, sedangkan, sedangkan 94,06% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain