Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Biologi: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA 1  di MAN Cijeruk Kabupaten Bogor
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Biologi: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA 1 di MAN Cijeruk Kabupaten Bogor

Ridwansyah,Iwan/036111075 - Nama Orang;

IWAN RIDWANSYAH. 036111075. 2015. Penerapan Model Pembelajaran
Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH)
Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi
Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan subjek penelitian sebanyak 38 siswa kelas X-MIA1. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi yang meliputi ranah
kognitif, dan ranah afektif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap
siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji
validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)
dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Nilai
rata-rata siswa sebelum dilakukannya penelitian sebesar 68 dengan persentase
pencapaian KKM 53%, Pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar ranah
kognitif meningkat manjadi 70.20 dengan persentase pencapaian KKM 65.78%,
siklus kedua nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 76.89 dengan persentase
pencapaian KKM 81.57%. Hasil belajar ranah afektif siklus pertama sebesar 74.91
dengan persentase pencapaian 68.42%, dan meningkat pada siklus kedua sebesar
80.49 dengan persentase pencapaian 84.21%. Aktivitas siswa pada siklus 1
pertemuan 1 mencapai 71.06%, dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi
74.86%. Pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai 78.66% dan meningkat pada
pertemuan 2 menjadi 82.75%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan
Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di
kelas X-MIA1 MAN Cijeruk Bogor.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization
(TAI), Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi 46 RID
2018SB0046.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
46 RID
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
x,311 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
46 RID p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi Biologi
Subjek
Model Pembelajaran Kooperatif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?