Text
Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Biologi: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA 1 di MAN Cijeruk Kabupaten Bogor
IWAN RIDWANSYAH. 036111075. 2015. Penerapan Model Pembelajaran
Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH)
Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi
Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan subjek penelitian sebanyak 38 siswa kelas X-MIA1. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi yang meliputi ranah
kognitif, dan ranah afektif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap
siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji
validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)
dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Nilai
rata-rata siswa sebelum dilakukannya penelitian sebesar 68 dengan persentase
pencapaian KKM 53%, Pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar ranah
kognitif meningkat manjadi 70.20 dengan persentase pencapaian KKM 65.78%,
siklus kedua nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 76.89 dengan persentase
pencapaian KKM 81.57%. Hasil belajar ranah afektif siklus pertama sebesar 74.91
dengan persentase pencapaian 68.42%, dan meningkat pada siklus kedua sebesar
80.49 dengan persentase pencapaian 84.21%. Aktivitas siswa pada siklus 1
pertemuan 1 mencapai 71.06%, dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi
74.86%. Pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai 78.66% dan meningkat pada
pertemuan 2 menjadi 82.75%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan
Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di
kelas X-MIA1 MAN Cijeruk Bogor.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization
(TAI), Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar
2018SB0046.C1 | 46 RID | Rak Skripsi Biologi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain