Skripsi PGSD
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Subtema Energi Alternatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikahuripan Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
Trisnandiyanto Yusup, 037114026. Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Subtema Energi Alternatif
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada kelas IV SDN
Cikahuripan Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Program
Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP, Universitas Pakuan Bogor Tahun
Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dengan Penelitian Tindakan Kelas dua
siklus. Tujuannya memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada tema Selalu Berhemat Energi melalui
model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV yang terdiri dari 30 peserta didik. Penelitian dilakukan pada
semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai ratarata 71 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86. Hasil perubahan
perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I
memperoleh nilai rata-rata 72,4 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata
81,2. Hasil keterampilan mengalami peningkatan pada siklus I
memperoleh nilai rata-rata 75,1 dan pada siklus II memperoleh nilai ratarata 89,7. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 73,3% dengan nilai
rata-rata 70, dan pada siklus II diperoleh 87% dengan nilai rata-rata 82.
Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil
belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80%
dan mencapai KKM=74. Disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar
tema selalu berhemat energi melalui model pembelajaran berbasis
masalah dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil
belajar peserta didik di kelas IV SDN Cikahuripan Kecamatan Kadudampit
Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
2018PGSD00230.C1 | 230 YUS | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain