Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku: Studi Kurikulum 2013 ini Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A di SDN Babakan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku: Studi Kurikulum 2013 ini Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A di SDN Babakan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Purnama, Lia Jati/037114342 - Nama Orang;

Lia Jati Purnama. 037114342. Penerapan Model PembelajaranDiscovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV-A SDN Babakan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini dengan desain Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan secara kolaboratif dalam dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema lingkungan tempat tinggalku melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Subyek penelitian ini adalah kelas IV-A SDN Babakan Kota Bogor yang berjumlah 32 siswa, terdiridari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018. Hasilpenelitianmenunjukanbahwanilai rata-rata penilaian proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mendapatkan hasil 60, lalu pada siklus II meningkat dan memperoleh hasil 81,75 atau secara klasikal sudah mencapai indikator penilaian yaitu 81. Observasi perubahan sikap siswa siklus I memperoleh hasil 61, 10 sedangkan pada siklus II mencapai hasil 87,11 atau sudah mencapai indikator penilaian sikap yaitu 81. Observasi perubahan keterampilan siswa siklus I memperoleh hasil 73,96, pada siklus II meningkat dan memperoleh hasil 84,77 atau telah mencapai indikator penilaian keterampilan yaitu 81 . Begitu juga dengan ketuntasan hasil belajar dimana pada siklus I mendapatkan hasil 46,88%, pada siklus II meningkat menjadi 84,38% atau secara klasikal sudah mencapai 80% dengan KKM=70. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran danmeningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan pada subtema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV-A SDN BabakanKec. Bogor Tengah, Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci :HasilBelajar, Discovery Learning


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD 223 PUR
2018PGSD00223.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
223 PUR
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xv,252 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
223 PUR p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi PGSD
Subjek
Hasil Belajar, Discovery Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs. Dadang Kurnia, M.Pd. Dan Fitri Siti Sundari, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Lia Jati Purnama
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?