Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament: Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament: Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Ghaisani, Rilly Yusrina/037112432 - Nama Orang;

Rilly Yusrina Ghaisani, NPM 037112432. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sebanyak 25 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh 40 % dan pada siklus II meningkat menjadi 88 %. Pada nilai rata-rata peningkatan perubahan perilaku peserta didik siklus I yaitu 73 % dan pada siklus II nilai perubahan perilaku peserta didik meningkat yaitu 87 % dengan interpretasi baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siklus I memperoleh nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan hasil belajar 40 % belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, kemudian harus dilakukan peningkatan pada siklus II dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 48 % pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78 dan mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran Teams Game Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir peserta didik dalam proses pembelajaran dilakukan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD 298 GHA
2017SPGSD0298.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
298 GHA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
xiv,209 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
298 GHA p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Skripsi PGSD
Subjek
Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Nedin Badruzzaman, M.Pd. dan Elly Sukmanasa, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?