Text
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament: Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Rilly Yusrina Ghaisani, NPM 037112432. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sebanyak 25 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh 40 % dan pada siklus II meningkat menjadi 88 %. Pada nilai rata-rata peningkatan perubahan perilaku peserta didik siklus I yaitu 73 % dan pada siklus II nilai perubahan perilaku peserta didik meningkat yaitu 87 % dengan interpretasi baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siklus I memperoleh nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan hasil belajar 40 % belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, kemudian harus dilakukan peningkatan pada siklus II dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 48 % pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78 dan mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran Teams Game Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir peserta didik dalam proses pembelajaran dilakukan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament.
2017SPGSD0298.C1 | 298 GHA | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain