Text
Hubungan Antara Efikasi Diri Siswa Dengan Interaksi Sosial: Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 1 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
Risma Yustinasari, 037114095. Hubungan Antara Efikasi Diri Siwa
Dengan Interaksi Sosial. Skripsi Program Studi Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018.
Penelitian ini dengan desain dan model penelitian Kuantitatif Studi
Korelasional. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hubungan antara
efikasi diri siswa dengan interaksi sosial pada siswa kelas V SD Negeri
Kedung Halang 1, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Penelitian ini
dilakukan pada semester gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dari nilai variabel interaksi sosial
adalah 61,35, sedangkan secara analisis statistik variabel efikasi diri siswa
memiliki rata-rata 54,14. Dengan demikian hubungan antara efikasi diri
siswa dengan interaksi sosial ditunjukkan dengan hasil uji signifikasi dan
regresi dengan persamaan regresi Ŷ = -60,99 + 0,65X. Hal ini berarti
bahwa setiap kenaikan satu nilai variabel interaksi sebesar 0,65 unit.
Kekuatan hubungan antara efikasi diri siswa dengan interaksi sosial di
tunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai r sebesar 0,38 yang
berarti memiliki hubungan yang rendah. Besarnya konstribusi efikasi diri
siswa dengan interaksi sosial ditunjukkan oleh koefisien (r2
) sebesar 0,14
dengan koefisien determinasi sebesar 14%. Berdasarkan hasil penelitian
diatas dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial pada siswa kelas V SD
Negeri Kedung Halang 1 Kota Bogor dapat ditingkatkan melalui perbaikan
efikasi diri siswa.
Kata kunci : Efikasi Diri Siswa dan Interaksi Sosial
Tidak tersedia versi lain