Text
Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Studi ini Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muawanah Kecamatan Bogor Selatan Kelurahan Cikaret Kota Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015
Lia Lis Marwiyyah, 037110068.Penerapan Metode Pembelajaran Demontrassi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muawanah kotaBogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2014.Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V A melalui Penerapan model pembelajaranPicture and Picture.Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muawanah kotaBogoryang terdiri dari 35 siswa dengan komposisi perempuan 19 siswa dan 16 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjiltahun pelajaran 2014/2015.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus kesatu kualitas pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 69 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 96. Sedangkan hasil observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus kesatu yaitu 79 dan pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 90. Begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar siklus kesatu memperoleh nilai rata-rata 61,36 dengan presentase ketuntasan 40,00%, dan hasil belajar siklus kedua dengan nilai rata-rata 72,62 dengan presentase 85,71%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Organ Pernapasan pada Mausia MelaluiMetodePembelajaran Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas V A di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muawanah kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan perilaku siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
2015PGSD0347.C1 | 347 MAR | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain