Text
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Kooperatif Student Team Achievement Division: Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06, Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
iv
ABSTRAK
AnisaRahmawati NPM. 037114068. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kooperatif Student Teams Achievement
Divisions di Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06 Kecamatan Rancabungur
Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pakuan Bogor. 2018. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kooperatif Student Teams Achievement
Divisions dikelas V. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
Dilaksanakan secara kolaboratif dengan dua siklus. Penelitian dilakukan di
Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06 Kecamatan Rancabungur Kabupaten
Bogor, peserta penelitian adalah siswa kelas VA dengan siswa sebanyak 24
orang yang terdiridari 15 orang laki-lakidan 9 orang perempuan. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran siklus pertama
memperoleh nilai sebesar 75% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 89%
melampaui indikator keberhasilan 81. Kemudian observasi perubahan sikap
siswa menunjukan adanya pada aktifitas siswa dengan memperoleh nilai rata-
rata pada siklus pertama sebesar 66,8, sedangkan siklus kedua memperoleh
nilai 80,4 melampaui indikator keberhasilan 81. Begitu pula nilai ketuntasan hasil
belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siklus pertama memperoleh
ketuntasan hasil belajar sebesar 62,5%, sedangkan siklus kedua memperoleh
ketuntasan hasil belajar sebesar 87,5% melampaui indikator keberhasilan
85%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif Student Team Achievment Divisions dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06 Kecamatan
Rancabungur Kabupaten Bogor semester ganjil tahun ajaran 2018/2019
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Teams Achievement Divisions, Ilmu
Pengetahuan Alam
2018PGSD00158.C1 | 158 RAH | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain