Text
Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika: Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019
Rifa Fazriani. 037115260. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar
dengan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan yaitu asosiatif
studi korelasional pada kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil
belajar matematika sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor
Timur Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari 46 sampel. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk
variabel kebiasaan belajar dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil
belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar
memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar
matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan
koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,63 yang berarti tingkat hubungan tergolong
kuat dan diperoleh thitung sebesar 5,359 lebih besar dari ttabel dengan taraf
nyata 0,05 sebesar 2,021 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika.
2019PGSD0061.C1 | 61 FAZ | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain